Penanaman 4.000 Mangrove oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field di Pantai Desa Jenu

Jenu (www.jenu.desa.id) – Salah satu unit usaha PT. Pertamina EP yang beroperasi di Kabupaten Tuban, yaitu Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field berkomitmen untuk ikut serta dalam menjaga pelestarian lingkungan, salah satunya adalah dengan melaksanakan penanaman 4.000 bibit mangrove di pantai Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (26/11/2018) berlokasi di kawasan Mangrove Center Tuban, Desa Jenu. Turut serta dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, Camat Jenu, Kepala Desa Jenu, dan unsur-unsur masyarakat Desa Jenu lainnya. Kegiatan tersebut diikuti pula oleh beberapa awak media yang tergabung dalam Ronggolawe Pers Solidarity (RPS).

Adapun mangrove yang ditanam adalah jenis rhizophora mucronata atau yang lebih familiar disebut dengan bakau. Penanaman ribuan bibit mangrove tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar atau lebih dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan pengeboran minyak yang beroperasi di Kecamatan Soko tersebut.

Pihak perwakilan Pertamina EP Aset 4 Field Sukowati menjelaskan bahwa penanaman mangrove di pantai Jenu ini merupakan upaya untuk menjaga ekosistem pantai. “Kegiatan penanaman mangrove di Pantai Jenu ini merupakan upaya pelestarian lingkungan pesisir pantai yang dilaksanakan perusahaan dalam program CSR 2018”, jelas Jason Purba, Perwakilan Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati.

Lebih lanjut perwakilan dari pihak Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan CSR ini merupakan komitmen Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati dalam upaya melestarikan lingkungan, khususnya pantai di Kabupaten Tuban. Beliau berharap bahwa dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat mengembalikan ekosistem pantai yang telah rusak menjadi pulih kembali.

Pihak pemerintah Kabupaten Tuban melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati dengan penanaman mangrove di pantai Tuban. Beliau berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan secara ceremonial saja, akan tetapi harus ada tindak lanjut (perawatan) dari penanaman yang dilaksanakan hari ini.

“Setiap tahun harus ada pendataan berapa pohon yang ditanan ini yang masih hidup, sehingga memudahkan dalam melaksanakan evaluasi”, jelas Ir. Bambang Irawan, kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. Lebih lanjut beliau berharap agar kegiatan semacam ini tidak hanya dilaksanakan oleh Pertamina EP saja, melainkan semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tuban untuk berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu dalam sambutannya, Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza, S.STP, MM, menyambut baik dan berterima kasih dengan adanya kegiatan penanaman mangrove di wilayah Kecamatan Jenu. Beliau menambahkan agar di tahun-tahun berikutnya tidak hanya pantai Desa Jenu saja yang ditanami, namun seluruh wilayah Kecamatan Jenu, atau bahkan seluruh pantai kabupaten Tuban yang mempunyai panjang kurang lebih 65 km.

Beliau berharap dukungan dari masyarakat sekitar untuk mensukseskan program-program pelestarian alam yang telah dilaksanakan perusahaan. Karena tanpa adanya kerjasama antar semua pihak, kegiatan tersebut pasti tidak akan berjalan dengan sukses.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Yayasan Mangrove Center Tuban, H. Ali Mansur, S.Ag, SP, beliau menghimbau agar semua perusahaan yang berada di Kabupaten Tuban untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Pak Ali (sapaan akrab H. Ali Mansur) menambahkan bahwa Yayasan Mangrove Center Tuban sangat mendukung upaya dari berbagai pihak untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem alam.

"Mangrove Center Tuban siap membantu dalam pengadaan bibit untuk penghijaun dan pelestarian lingkungan. Apabila ada pihak-pihak baik instansi pemerintah maupun swasta ingin bekerja sama dengan Mangrove Center silakan mengajukan proposal, maka kami akan membantu dalam pengadaan bibitnya secara gratis, akan tetapi apabila dalam kelanjutannya bibit yang ditanam tersebut ada yang mati, maka sebagai konsekuensi pihak penanam harus memberikan ganti rugi sejumlah bibit yang mati tersebut kepada Mangrove Center", tambah pria penerima kalpataru nasional tahun 2012 tersebut.

Kepala Desa Jenu yang hadir bersama dengan beberapa perangkat desa dan unsur-unsur masyarakat lain di Desa Jenu sangat berterima kasih kepada pihak Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati yang telah memilih lokasi pantai Desa Jenu sebagai lokasi penanaman. Hal ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pantai.

“Belakangan ini kegiatan perekonomian warga sekitar pantai Desa Jenu semakin meningkat, seiring dengan adanya ekowisata Mangrove Center Tuban. Selain itu juga telah dibuka wisata Pantai Alam Samudra (PAS) yang lokasinya berada di sebelah timur Mangrove Center ini yang dikelola oleh desa melalui BUMDES. Apalagi dengan adanya kegiatan-kegiatan penanaman seperti hari ini, nantinya diharapkan pantai di Desa Jenu semakin teduh dan indah sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai Desa Jenu”, ujar Tutik, Kepala Desa Jenu.

Kepala Desa wanita satu-satunya di Kecamatan jenu tersebut, berharap agar perusahan-perusahaan lain juga melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa di wilayahnya. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut pihak pemerintah Desa Jenu bersama dengan Yayasan Mangrove Center Tuban tentu akan mendukung penuh program-program pelestarian ekosistem pantai Desa Jenu. (www.jenu.desa.id – admin)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)