Kelompok Wanita Tani (KWT) "Kemuning" Desa Jenu Terima Bantuan 10 Ekor Sapi Dari Pemerintah Provinsi

Jenu (www.jenu.desa.id) - Kelompok wanita tani (KWT) merupakan kelompok tani yang seluruh anggotanya berasal dari ibu-ibu petani. Desa Jenu telah membentuk kelompok wanita tani (KWT) pada tahun 2015. dan diberi nama KWT "Kemuning". Pemberian nama kemuning merujuk pada salah satu sesepuh desa jenu yaitu mbah kemuning.

Kelompok wanita tani yang diketuai oleh Bu Eni Kusmiyati ini mempunyai sekitar 20 orang anggota yang tersebar di desa jenu. Sebagian besar anggota merupakan ibu-ibu yang kesehariannya bermata pencaharian sebagai petani dan juga memelihara binatang ternak di rumah.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelompok ini yaitu mengadakan sekolah lapang tanaman hortikultura dan juga pembuatan makanan tambahan bagi ternak. Selain itu, kelompok ini juga telah melaksanakan sekolah lapang penanaman bawang merah. Ilmu yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan tersebut selain langsung dipraktekan di demplot, juga dipraktekan di rumah dan di lahan masing-masing.

Melihat potensi dari kelompok wanita tani ini, pemerintah provinsi Jawa Timur pada tahun 2018 memberikan bantuan berupa 10 (sepuluh) ekor sapi untuk dikelola oleh kelompok. Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan di Gubuk Tani Desa Jenu tanggal 03/10/2018, yang dihadiri oelh perwakilan dinas pertanian kabupaten Tuban, UPT Dinas Pertanian Kecamatan Jenu, Anggota Koramil Jenu, Anggota polsek Jenu, serta pihak pemerintah Desa Jenu.

Pengelolaan bantuan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada kelompok, sehingga kelompok berhak mengatur bantuan tersebut berdasarkan kesepakatan seluruh anggota. Karena jumlah bantuan hanya 10 ekor sapi sedangkan jumlah anggota kelompok adalah 20 orang, maka Seluruh anggota kelompok menyetejui untuk giliran memelihara sapi tersebut. Dengan cara giliran maka jika anggota yang sudah memperoleh anakan wajib menyerahkan indukan kepada anggota yang belum memperoleh giliran.

Penentuan 10 anggota awal yang memelihara bantuan tersebut dilakukan dengan pengundian, dan yang belum dapat diberikan nomor antrian. Dengan cara ini yang memperoleh nomor kecil berhak mendapat giliran selanjutnya. Cara pengundian ini dilakukan agar setiap anggota tidak ada rasa iri terhadap anggota lain, sehingga kerukunan dan kekompakan anggota kelompok tetap terjaga.

Pihak pemerintah desa jenu berterima kasih kepada Pemprov Jawa timur yang telah memberikan bantuan sapi kepada KWT Kemuning. Diharapkan agar dengan pemberian bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian warga, khususnya anggota KWT. Pihak pemerintah desa Jenu juga menghimbau kepada kelompok-kelompok lain yang berada di desa jenu untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan serupa sehingga bantuan pemerintah akan mudah diperoleh jika suatu kelompok telah mempunyai kegiatan-kegiatan dan memilki potensi. (www.jenu.desa.id - admin)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)