Songsong Musim Penghujan, Sungai Gede Desa Jenu Direvitalisasi

Jenu (www.jenu.desa.id) - Sungai gede merupakan salah satu sungai yang mengalir di wilayah desa jenu. Sungai ini merupakan pertemuan dari dua aliran sungai, yaitu merakurak dan sungai sumber. Daerah aliran sungai ini mencakup beberapa desa di kecamatan merakurak dan kecamatan jenu, sedangkan muaranya adalah berada di desa jenu. 

Pada musim penghujan daerah aliran sungai ini menjadi daerah langganan banjir, yang mengakibatkan kerugian pada sektor pertanian. Banjir yang menerjang area persawahan tersebut hampir setiap tahun terjadi. Hal ini membuat para petani mengalami kerugian karena gagal tanam atau bahkan gagal panen.

Banjir tahunan tersebut karena besarnya debit air di daerah hilir tidak seimbang dengan lebar sungai di daerah hilir. Akibatnya air tidak dapat mengalir dengan lancar, sehingga terjadi banjir di area yang lebih rendah yaitu area persawahan. Hal ini merupakan masalah tahunan yang dihadapi para petani, khususnya di desa Jenu.

Selain faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, banjir juga disebebkan karena pola hidup masyarakat yang kurang baik, khususnya masyarakat di daerah hulu. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mengendap di daerah hilir. Hal ini membuat aliran sungai semakin dangkal dan sempit, sehingga yang terkena dampaknya adalah masyarakat desa jenu yang berada di daerah hilir.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang terjadi setiap musim hujan tersebut, pihak desa jenu dibantu dari pihak kecamatan meminta bantuan kepada perusahaan pencucian pasir yang berada di desa jenggolo, namun membuang limbah ke wilayah sungai desa jenu untuk melakukan revitalisasi sungai dengan melakukan pengerukan sungai. Hal ini dikarenakan perusahaan yang dikelola oleh warga desa jenggolo tersebut membuat aliran sungai menjadi semakin dangkal dan sempit.

Beberapa hari sebelumnya warga disekitar cucian pasir juga mengadukan masalah tersebut ke pihak desa kemudian dilanjutkan ke pihak kecamatan. Kemudian setelah diadakan pertemuan antara warga dan pihak perusahaan di balai desa jenu yang difasilitasi oleh bapak Camat Jenu, pihak perusahaan menyanggupi tuntutan warga untuk mengeruk sungai dengan alat berat.

Pengerukan dilaksanakan mulai tanggal 03/11/2018 yang dimulai dari sungaban (muara) sungai gede. Kegiatan tersebut mendapat pengawasan ketat dari pihak pemerintah desa jenu dan warga setempat agar pengerukan tersebut tidak dilakukan hanya sekenanya saja.

Diharapkan dengan adanya pengerukan aliran sungai ini, air dapat mengalir dengan lancar, sehingga banjir di musim penghujan nanti dapat diminimalisir. Pihak perusahaan juga dituntut untuk melakukan kegiatan ini secara rutin sehingga limbah yang dibuang dari perusahaan tersebut tidak mengganggu aliran sungai. (www.jenu.desa.id - admin)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)