Karang Taruna Desa Jenu Gelar Kerja Bakti Bersihkan Pantai Alam Samudra (PAS)

Jenu (www.jenu.desa.id) - Jum'at (05/10/2018) pagi kemarin sekretariat pengelola Pantai Alam Samudra (PAS) tampak ramai. Tampak beberapa anak muda berkumpul di gazebo salah satu unit usaha dari BUMDES Karya Mandiri Sejahtera Desa Jenu tersebut. Hal ini karena pagi tersebut ada agenda dari karang taruna "Tunas Harapan" Desa Jenu mengadakan agenda membersihkan kawasan pantai PAS (sebutan keren Pantai Alam Samudra).

Selain berasal dari para anggota karang taruna kegiatan kerja bakti ini juga diikuti oleh beberapa Perangkat Desa  Jenu. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para pemuda berserta perangkat desa ini merupakan tindak lanjut dari rapat kerja sebelumnya yang dilaksanakan antara Pemerintah Desa, Pengurus BUMDES dan Karang Taruna, bahwa akan dilaksanakan kerja bakti secara rutin di kawasan pantai PAS.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 waktu setempat, dengan membersihkan sisi pantai dan penertiban tata letak beberapa gubuk yang dimiliki oleh pedagang di kawasan tersebut. Banyaknya sampah di sisi pantai yang sudah terpendam pasir menyulitkan para pekerja bakti. Hal ini dikarenakan kondisi pantai yang ada beberapa bekas orang mengambil pasir. 

Selanjutnya para pemuda tersebut juga memindahkan batang-bantang kayu cemara yang ditebang karena untuk pembangunan musholla yang ada di dekat sekretariat PAS. Atas kerja sama dari para pemuda beberapa batang kayu yang berukuran besar berhasil disisihkan.

Rochim Prasetya, koordinator dari kegiatan ini menjelaskan bahwa kerja bakti ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kerapian kawasan pantai yang merupakan aset Desa Jenu tersebut. Ke depan diharapkan dengan kondisi pantai yang bersih dan rapi akan mendatangkan banyak pengunjung. 

"Kami berharap agar kegiatan kerja bakti seperti ini menjadi agenda rutin dari karang taruna, sehingga kebersihan kawasan PAS dapat terjaga. Ke depan jika kawasan pantai ini menjadi bersih dan rapi, tentunya akan mengundang para wisatawan untuk mengunjungi pantai PAS. Hal ini tentunya juga akan menambah pendapatan para pedagang yang ada disini", tambah mas Pras (sapaan akrab pemuda yang juga merupakan ketua karang taruna Desa Jenu ini).

Pantai Alam Samudra (PAS) merupakan kawasan pantai yang dikelola oleh BUMDES Karya Mandiri Desa Jenu. Dengan adanya pengelolaan secara profesional kawasan pantai yang merupakan Tanah Kas Desa (TKD) Desa Jenu tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan penduduk di sekitar pantai tersebut. Dengan pengelolaan aset desa secara maksimal tentunya juga akan dapat menambah nilai Pendapatan Asli Desa. (kak Tris)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)