Kecerian Siswa-Siswi MTs. Manbaul Hidayah Bojonegoro di Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu

Jenu (www.jenu.desa.id) - Sabtu pagi kemarin (29/09/2018) kawasan Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu tampak ramai. Hal ini karena adanya beberapa kegiatan yang ada di kawasan Tanah kas Desa Jenu tersebut. Diantaranya adalah outbound yang diadakan oleh MTs. Manbaul Hidayah Bojonegoro.

Madrasah yang beralamat di Desa Sroyo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro ini membawa 64 siswa-siswinya ke Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu untuk refreshing dengan melakukan kegiatan outbound. Kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta didik dari madrasah tersebut dapat melepas penat karena keseharian belajar di dalam kelas.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa didampingi oleh 11 orang guru. Siswa-siswi tersebut berasal dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. Mereka sangat antusias mengikuti beberapa simulasi permainan (outbound) yang telah dipersiapkan oleh para dewan guru. Hal ini dilakukan secara individu maupun kelompok.

Beberapa simulasi permainan outbound tersebut Selain sebagai ajang refreshing juga untuk meningkatkan ketangkasan individu maupun kekompakan dalam kelompok. Mereka mengaku sangat senang berada di kawasan Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu, karena selain pemandangan yang sangat indah playground-nya juga asri. Hal ini karena playground di kawasan Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu berada di bawah pohon-pohon cemara. Namun mereka juga berharap agar pengelola dapat menambah fasilitas-fasilitas di area tempat rekreasi tersebut.

"Ke depan mungkin bisa ditambahkan adanya Ponten (toilet umum) untuk para pengunjung". ujar Imam Qosi'in, salah satu guru yang mendampingi para siswa siswi peserta outbound. Hal ini dapat dimaklumi karena Pantai Alam Samudra (PAS) sekarang ini masih dalam pembangunan.

"Ponten untuk para pengunjung sudah selesai dibangun, namun masih menunggu saluran air selesai. Insya Allah mudah-mudahan minggu depan sudah tersalur air sehingga dapat digunakan oleh para pengunjung", jelas Kasmijan, salah satu pengelola Pantai Alam Samudra (PAS).

Pantai Alam Samudra (PAS) merupakan bagian dari Tanah Kas Desa Jenu yaitu tanah Tambak Asin. Dinamakan tambak asin karena dulunya merupakan tambak, namun karena area di utara tambak tersebut mengalami abrasi sehingga ombak membawa pasir dari laut mengisi tambak-tambak tersebut sehingga sebagian tambak sekarang menjadi daratan.

Kawasan ini merupakan merupakan aset kekayaan Desa Jenu yang merupakan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD). Pengelolaan pantai tersebut didelegasikan oleh pihak desa kepada BUMDES Karya Mandiri Sejahtera Desa Jenu melalui unit usaha Pengelola Pantai Alam Samudra (PAS). Ke depan diharapkan pengelolaan kawasan ini dapat berjalan dengan baik seiring dengan bertambah ramainya kawasan tersebut.

Desa Jenu ke depan berencana akan menambah fasilitas-fasilitas yang ada di pantai tersebut melalui BUMDES Karya Mandiri Sejahtera, namun saat ini yang akan akan dilaksanakan terlebih dahulu adalah penataan warung-warung yang berada di kawasan pantai tersebut agar terkesan rapi, sehingga para pengunjung lebih betah berada di kawasan pantai tersebut. Selain itu juga akan mempercantik pemandangan pantai sehingga hal ini Tentunya akan mengundang wisatawan untuk berkunjung di Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu. (kak Tris)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)