Akhir Pekan, TK (DW) Ahmad Yani Outbound di Pantai Alam Samudra (PAS) Desa Jenu

Jenu (www.jenu.desa.id) - Pembelajaran secara konvensional di dalam kelas dirasa sangat menjenuhkan bagi sebagian besar siswa, terlebih bagi peserta didik usia dini. Sebaliknya pembelajaran dengan metode game dan ketangkasan di lapangan sangat menyenangkan bagi para peserta didik. Salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan para peserta didik belajar di dalam ruangan tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan outbound.

Seperti kita ketahui, outbound merupakan kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan, dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) yang dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan tujuan mengisi waktu liburan atau refreshing. Selain itu outbound juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dalam team (team building) dan kebersamaan.

Hal tersebut dilakukan oleh TK Dharma Wanita (DW) Ahmad Yani dengan mengisi kegiatan akhir pekan dengan mengadakan outbound. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu pagi (29/09/2018). Pelaksanaan kegiatan tersebut diadakan di Pantai Alam Samudra (PAS) yang berada di kawasan pantai mangrove Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Sekolah yang berada di Desa Bungur, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro ini membawa 60 siswanya beserta 60 wali murid ke Pantai Alam Samudra (PAS). Rombongan tersebut didampingi oleh 4 orang guru dan 14 orang yang tergabung dalam tim outbound yang berasal dari kabupaten Bojonegoro. Tim outbound tersebut sengaja dibawa dari Bojonegoro karena di Pantai Alam Samudra (PAS) saat ini belum tersedia peralatan maupun tim outbound.

Dengan mengikutsertakan wali murid dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah berharap agar interaksi antar wali murid yang menyekolahkan putra-putrinya di sekolah tersebut dapat terjalin dengan baik. Selain itu juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara baik antar wali murid maupun antar wali murid dengan pihak sekolah.

"Pelaksanaan outbound ini bertujuan untuk mempererat komunikasi dan tali silaturahmi antar wali murid peserta didik kami. Selain itu juga sebagai ajang refreshing bagi para peserta didik di TK kami agar tidak jenuh belajar di dalam ruangan terus-menerus", ujar Bu Yuli salah satu guru yang mendampingi kegiatan outbound tersebut.

Bu Yuli menambahkan pemilihan Pantai Alam Samudra (PAS) sebagai tujuan kegiatan ini karena pihak sekolah atau guru ingin mengenalkan kepada siswa tentang lingkungan alam terutama lingkungan alam pantai. Hal ini bertujuan agar para peserta didik lebih dekat dengan alam sehingga akan menjaga kelestarian alam tersebut.

Wanita berjilbab tersebut menilai Pantai Alam Samudra (PAS) termasuk tempat yang sangat cocok untuk kegiatan outbound, karena memiliki playground yang luas yang cukup luas. Selain itu tempatnya sangat teduh karena berada di bawah pohon cemara. Beliau menambahkan agar kedepan pengelola Pantai Alam Samudra (PAS) lebih banyak meningkatkan lagi fasilitas seperti mainan untuk anak-anak dan tempat duduk untuk para orang tua.

Di tempat terpisah, Kasmijan, ketua pengelola Pantai Alam Samudra (PAS) menjelaskan bahwa saat ini di Pantai Alam Samudra (PAS) akan terus ditingkatkan fasilitasnya. "Saat ini sudah ada musholla yang cukup luas dan sebuah gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat pertemuan. Sekarang ini juga sedang dibangun ponten yang sudah hampir selesai, tinggal memasang saluran air sudah dapat digunakan. Kedepan akan kami tingkatkan terus pembangunan fasilitas yang ada di sini melalui BUMDES. Apabila semua sudah bersih dan rapi tentu saja pantai disini akan semakin ramu, hal ini tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian warga yang berjualan disini", jelas Kasmijan.

Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah baik siswa maupun wali murid sangat antusias mengikuti setiap kegiatan outbound yang telah dipersiapkan oleh tim outbound. Semoga ke depan Pantai Alam Samudra (PAS) yang di kelola oleh BUMDES Karya Mandiri Sejahtera melalui Unit Usaha Pantai Alam Samudra (PAS) ini dapat semakin ramai seiring dengan pembangunan fasilitas yang terus dilakukan. (kak Tris)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)