Pendidikan

Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Data Tingkat Pendidikan Penduduk Pada Bulan Juli 2018 :

Data Pendidikan Penduduk

Dari data di atas menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Desa Jenu sudah mampu menyelesaikan sekolah di jenjang pendidikan minimal tingkat SD/Sederajat. Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadai dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri.

Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Jenu, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada pada jaman dahulu, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Jenu sekrang sudah tersedia di tingkat pendidikan 12 tahun (SD, SLTP dan SLTA), sementara untuk pendidikan tingkat perguruan tinggi berada di ibu kota kabupaten.

Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Jenu yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia di Desa Jenu. Bahkan beberapa lembaga bimbingan belajar dan pelatihan yang pernah ada tidak bisa berkembang.

Selain itu di Desa Jenu juga didukung fasilitas pendidikan yang lengkap mulai dari pendidikan informal dan pendidikan formal. Pendidikan informal di Desa Jenu terdapat sebuah lembaga PAUD, 2 lembaga TK/RA sebuah lembaga TPQ dan sebuah Madrasah Diniyah. Sedangkan pendidikan formal terdapat sebuah lembaga SD Negeri, sebuah lembaga MIS, sebuah MTsS, dan sebuah MAS.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)